PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA

The Indonesian Muslims Youth Organization

Awal Mula Pergerakan Islam di Indonesia

Posted by Heru Tjokro pada Desember 14, 2011

Berdirinya SDI

Syarikat dagang Islam (SDI) didirikan di solo, pada tanggal 16 oktober 1905 oleh K.H. Samanhoedi, dibantu oleh M. Asmadimejo, M. Kartoterumo dan M. Haji Abdul Razak. Motif utama didirikannya organisasi ini adalah berusaha menerapkan system ekonomi Islam dalam dunia perdagangan Indonesia, khususnya bagi para pedagang batik di Solo. Menjelang lahirnya SDI, terjadi diskriminasi tajam yang sengaja dilakukan oleh pihak bangsawan terhadap masyarakat biasa, juga sangat menonjol sikap angkuh dan superioritas dari kalangan pedagang-pedagang cina yang banyak mendominasi perdagangan saat itu. Maka SDI dmaksudkan sebagai benteng untuk menentang sikap superioritas dan dominasi pedagang-pedagang cina, sekaligus mendobrak diskriminasi bangsawan yang bertindak sewenang-wenang terhadap masyarakat awam.

Sesungguhnya di dalam jiwa pendiri SDI ini terkandung maksud yang lebih jauh lagi, yaitu ingin menegakan Al-Islam sebagai satu-satunya system hidup yang berlaku di bumi Indonesia, namun karena terbatasnya kemampuan beliau, ditambah pula dengan kondisi penjajahan yang sangat keras dan ketat dalam mengawasi dan menghambat setiap bentuk gerakan bangsa Indonesia, maka untuk sementara waktu beliau K.H. Samanhoedi hanya berorientasi pada masalah ekonomi saja. Meski demikian, SDI tetap dapat dianggap Miqot (awal pemberangkatan/ starting point) bagi perjalanan sejarah perjuangan umat Islam di Indonesia yang secara estafet dan melalui beberapa periode berlanjut hingga masa sekarang.

Menyadari akan keterbatasan dan kemampuan ini, K.H. Samanhoedi selalu mencari dan menghubungi tokoh-tokoh Islam lainnya untuk diajak bersama-sama mengelola lembaga perjuangan ini. Sekitar bulan Mei 1912, SDI memperoleh seorang tokoh tangguh yang ikut mewarnai perjalanan sejarah ini yaitu, H. Oemar Said Cokroaminoto, setelah ada persesuaian antara keduanya dalam pandangan mengenai garis-garis perjuangan Islam menurut sunah Rasulullah SAW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: